Thursday, December 5, 2013

Seleksi Bina Antarbudaya (Part 1)

     Mengikuti seleksi Bina Antarbudaya memang tidak mudah. Banyak tahapan seleksi yang harus dilalui. Mulai dari seleksi chapter, seleksi berkas nasional, dan seleksi YES(hanya untuk yang mendapatkan rekemondasi mengikuti YES).
     Aku bersekolah di SMAN 4 Malang. Jadi aku mengikuti seleksi Bina Antarbudaya di Chapter Malang. Kantor YBA Malang sangat dekat dengan sekolahku, kira-kira 300 meter. Awalnya saya mendaftar dengan membeli PIN pendaftaran di kantor YBA Chapter Malang. Pin itu terdiri dari kode acak untuk login di situs Bina Antarbudaya. Setelah login, saya mengisi formulir pendaftaran dan kartu peserta.
     Lalu aku mengikuti seleksi tahap pertama. Seleksinya diadakan di Universitas Malangkucecwara (ABM). Jarak lokasi seleksi dari rumah ± 13 km. Di tahap ini, seleksinya masih tes tulis. Di tahap 1 ini diikuti kurang lebih 1200 peserta dari Malang, Blitar, Madiun, Kediri, Tulungagung, Ngawi, Magetan, dll. Adapun yang diujikan adalah pengetahuan umum, bahasa inggris dan esai bahasa indonesia. Awalnya banyak teman yang belajar buat tahap 1. Ada yang udah ikut les bahasa inggris selama 9 bulan. Bahkan ada yang menghafal soal-soal pengetahuan umum dari seleksi tahun lalu. Parahnya lagi, ada yang bawa buku sejarah amerika ke tempat tes. Sedangkan aku, aku cuma belajar dari koran nasional terbaru aja.
     Setelah dinyatakan lolos tahap 1, berarti aku bisa mengikuti seleksi tahap 2. Saya harus mengisi surat rekomendasi dari guru, teman dan tetangga sebelum mengikuti seleksi tahap 2 dan mencetak form data diri yang sudah saya isi di situs Bina Antarbudaya. Seleksi tahap 2 juga diadakan di Universitas Malangkucecwara. Seleksinya kurang lebih diikuti 270 peserta. Di tahap 2 ini ada english interview dan wawancara kepribadian. Di sini mending wawancaranya diungkapin apa adanya dirimu aja, jangan melebih-lebihkan ataupun kurang terbuka.
     Setelah dinyatakan lolos tahap 2, aku mengikuti seleksi tahap 3. Seleksi tahap 3 ini ada ± 90 peserta dari seluruh Chapter Malang. Hal yang diuji di Tahap 3 ini adalah dinamika kelompok. Jadi, kami dibagi secara acak menjadi beberapa kelompok. Kita diberi suatu permasalahan yang harus kita diskusikan bagaimana solusinya. Lalu kita buat suatu prakarya dari poster dan selotape yang temanya sesuai dengan permasalahan tersebut. Lalu prakarya tersebut kami presentasikan di depan para juri. Sempat aku diserang oleh kakak-kakak jurinya dengan pertanyaan yang menyudutkan. Alhamdulillah aku bisa menjawabnya dengan percaya diri.
      ~To be continued in Seleksi Bina Antarbudaya (Part 2). :) Leave your comments guys! :)

No comments:

Post a Comment