Thursday, December 5, 2013

Seleksi Bina Antarbudaya (Part 3)

   Sebelum aku menyelesaikan form AFS, Kak Haris, Kak Suta dan kak yang aku lupa namanya datang ke rumahku buat ngelakuin sesi Home Interview. Aku mendapatkan giliran home interview yang pertama dibandingkan kandidat yang lainnya. Waktu home interview, kakak-kakak chapternya ngobrol santai bareng keluargaku.
    Kami makan malam bersama. Waktu itu bertepatan dengan Hari Idul Kurban, jadinya di rumah banyak masakan serba daging. Dan sepertinya kakaknya suka masakan rendang buatanku dan mamaku. Hehehe Kita pun sering tertawa bersama. Home interviewnya ini seru abis. Kadang serius, kadang juga bercanda. Awalnya kakaknya bilang cuma 1 jam home interviewnya. Tapi malah kelebihan sampai 3 jam. Setelah home interview selesai, para kandidat lainnya tanya-tanya mengenai apa yang ditanyakan. Ya aku gak bisa jawab secara detail, karena itu rahasia keluarga dan kakak chapter Malang.
     Sebulan setelah Home Interview, aku mendapatkan kabar bahwa aku mendapatkan rekomendasi seleksi nasional YES di Jakarta. Ada sekitar 8 peserta yang berasal dari Chapter Malang termasuk aku. Yang paling seru dari berita ini adalah aku bisa mendapatkan beasiswa pergi ke US, aku akan ke Jakarta dan aku bisa naik pesawat yang pertama kalinya dan itu gratis. Hehehe terimakasih Bina Antarbudaya.
     Pemberitahuannya ini lumayan mepet. Sudah H-5 acara. Yang lebih hebohnya lagi, sebelum mengikuti seleksi YES ini aku harus melengkapi form YES. Ya form YES. Beda dengan form AFS yang dulu sudah pernah aku kerjakan. Form YES ini lebih banyak dan lebih rumit dibandingkan form AFS. Dan waktunya lebih sedikit. Cuma ada 4 hari pengerjaan. Dengan usaha, doa, niat dan usaha keras, alhamdulillah form YESnya bisa keisi lengkap dengan tepat waktu.
     Lalu aku beserta peserta lainnya dari Chapter Malang yaitu Birbik, Loka, Ika, Afif, Astri, Ana dan Aisya berangkat ke Jakarta untuk seleksi nasional YES. Di seleksi ini tidak beda jauh dengan seleksi di tingkat chapter. Ada seleksi DK 1 dan DK 2 yang tentunya gak kalah seru dan kompak sama DK tahap 3 di Malang. Lalu kami mengisi lembar Pengenalan Diri. Kami juga akan melakukan interview. Di interview ini aku tetep aja seperti interview yang tahap 2  di Malang. Aku dapat orang Indonesia. Tapi tak apalah, baik dan ramah kok interviewernya. Lalu kita juga mengerjakan Essay Writing. Di penghujung acara kita melakukan SLEP Test. Lalu kita pulang ke kota masing-masing.
     Sampai sekarang aku masih menunggu hasil seleksi YES Nasional. Kata panitianya, hasilnya akan diumumkan di akhir tahun 2013. Pengumumannya melalui surat pos. Bagi yang lolos, akan mendapatkan surat pemberitahuan. Sedangkan yang tidak lolos, tidak akan mendapatkan apa-apa. Jadi mohon doanya semoga saya lolos seleksi YES ini dan mendapatkan surat akhir tahun kelolosan dan mendapatkan yang terbaik. Amin amin
     Thank you for reading my blogs. Leave your comments guys!! :)

1 comment:

  1. Hey! salam kenal!
    aku ellen, Chapter JKT, dari batch 1.
    Gimana hasilnya? loloskah?? :)

    you can visit my blog if you want to :)

    ReplyDelete