Thursday, December 5, 2013

Seleksi Bina Antarbudaya (Part 2)

     Hai, pasti sudah membaca yang Part 1 kan..mari lanjut baca yang part 2. :)
      Setelah dinyatakan lolos tahap 3, berarti aku telah menjadi Kandidat Chapter Malang 2014-2015. Kurang lebih ada 24 peserta. Lalu kita mengikuti seleksi berkas nasional. Semua berkas seleksi selama seleksi tingkat chapter dikirimkan ke kantor nasional Bina Antarbudaya. Berkas-berkas tersebut akan diseleksi oleh pihak nasional.
     Lumayan lama menunggu hasil dari seleksi berkas nasional ini. Setelah menunggu beberapa bulan, aku dinyatakan menjadi Kandidat Nasional Bina Antarbudaya 2014-2015. Ada sekitar 15 Kandidat Chapter Malang yang lolos menjadi Kandidat Nasional Bina Antarbudaya, jadi ada 9 kandidat chapter malang yang tidak lolos. Dari Kota Malang sendiri ada aku dan Faisal dari SMAN 4 Malang, Gabriel dari SMAN 8 Malang, dan Loka dari SMAN 10 Malang. Sedangkan sisa 11 peserta yang lainnya ada yang dari Kediri, Blitar, Madiun, Ponorogo, Magetan, dll.
     Lalu aku beserta keluarga diundang kakak chapter Malang untuk datang di acara pertemuan keluarga (Family Gathering) seluruh Kandidat Nasional dari chapter Malang. Acaranya berada di Kampus Universitas Merdeka di Jalan Bandung, Malang. Beruntung selama ini acara seleksi Bina Antarbudaya ini diadakan di Kota Malang. Jadi aku tidak perlu berjam-jam perjalanan menuju acara seleksi seperti peserta lainnya yang dari luar Kota Malang. Sempat kasihan juga ada yang harus berangkat malam-malam ke Malang.
     Di acara ini, kandidat beserta orangtua mendapat penjelasan program dari kakak-kakak Chapter Malang. Lalu para kandidat dibawa ke ruang sebelah. Para orangtua diberi penjelasan mengenai Family Pledge. Sedangkan kami para kandidat mendapat arahan mengenai pengisian Form AFS. Ya Form AFS. Kami juga memilih koordinator Kandidat Chapter Malang, yaitu Gabriel. Selain itu, kami juga disuruh membuat pohon keluarga. Pohon keluarganya ini unik, ada garis kedekatannya juga. Lalu kami diinformasikan akan melakukan home interview. Jadi kakak-kakak Chapter Malang akan datang ke tiap rumah kandidat.
     Form AFS ini banyak banget yang harus diisi. Waktunya pun juga gak lama. Hal-hal yang perlu diisi antara lain seperti form kesehatan, nilai sekolah, kepribadian, surat untuk host family, dll. Aku sempat dispensasi sekolah sehari untuk mengurus form kesehatan ke Rumah Sakit. Setelah lama dan kerja keras menyelesaikan form AFS, aku serahkan form AFSku ke Kak Arina selaku pihak Chapter Malang. Lalu aku juga mengirim formnya ke Kantor Nasional Bina Antarbudaya via Pos Indonesia. Ini pertama kalinya aku ke kantor pos.
     ~ To be continued in Seleksi Bina Antarbudaya (Part 3). :) Leave your comments guys!! :)

No comments:

Post a Comment